Kamis, 02 Mei 2019

YUK SEDEKAH KURMA UNTUK DHUAFA DAN MUALLAF DI PEDALAMAN MUSLIM MINORITAS


Kedatangan bulan Ramadhan setiap tahunnya tak henti menjadi penghibur hati bagi orang mukmin. Bagaimana tidak, beribu keutamaan ditawarkan di bulan ini. Pahala diobral, ampunan Allah bertebaran memenuhi setiap ruang dan waktu. Seorang yang menyadari kurangnya bekal yang dimiliki untuk menghadapi hari penghitungan kelak, tak ada rasa kecuali sumringah menyambut Ramadhan. Insan yang menyadari betapa dosa melumuri dirinya, tidak ada rasa kecuali bahagia akan kedatangan bulan Ramadhan.

Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi. Dan demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah. Ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat Allah Ta’ala, sebagaimana hadits: ‏“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam bersabda: “Jagalah kalian dari neraka sekalipun dengan (bershadaqah) sebutir kurma” (HR. Bukhari)
Rasulullah saw. bersabda : “Barangsiapa yang bersedekah semisal satu butir kurma dari hasil kerja yang baik dan halal dan Allah tidak akan menerima kecuali yang baik maka Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya.” Yakni, Allah menerimanya dan memberkatinya serta memeliharanya untuk pemiliknya, sebagaimana salah seorang dari Anda memelihara anak kudanya (kuda itu akan terus beranak pinak hingga banyak). Sampai kurma tersebut menumpuk seperti gunung.
Didalam sebuah riwayat dikatakan : ” Sebagaimana salah seorang dari Anda memilihara anak kudanya.” Sekalipun sedekah itu hanya sesuap, sungguh ia akan menjadi sebesar gunung Uhud.

“Sesungguhnya sedekah seseorang walau hanya sesuap, akan dilipatkan oleh-Nya sebesar gunung, maka bersedekahlah.” [HR. Bukhari dan Muslim].  Hal ini juga sebagaimana firman Allah swt. : “Tidaklah mereka mengetahui bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hambanya dan menerima sedekah.” (QS. At-Taubah :104). Dan firman-Nya :”Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah.” (QS. Al-Baqarah :276)

Bulan ramadhan telah tiba, Ibadah puasa yang utama. dalam berpuasa ada dua kebahagiaan.
“Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.” karena memberi makan berbuka puasa itu sangat utama: “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga,” (H.R. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192).

Kami dari komunitas Hidayatullah Mahakam Ulu memiliki program untuk berbagi kurma untuk berbuka puasa bagi saudara kita di Pedalaman Muslim Minoritas Di Kab. Mahakam Ulu Prov. Kalimantan Timur di masjid-masjid, atau bagi adik-adik santri rumah Quran. kami akan menyalurkan kurma kepada masjid yang memiliki program buka puasa bersama secara rutin.

Donasi bisa disalurkan ke Bank Syariah Mandiri/BSM No.(Kode Bank:451)7115-6087-59  a/n Hidayatullah Mahakam Ulu

Info lebih lanjut silahkan hubungi : Edy Harianto (0852 5097 4473) atau Ust. M Taufiq ( 0852 5069 3237)

Tidak ada komentar: