Selasa, 12 April 2016

PROPOSAL BANTUAN OPERASIONAL DAKWAH DAN PERINTISAN PEMBANGUNAN PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH MAHAKAM ULU KALIMANTAN TIMUR


Perjalanan Dakwah 

Muqaddimah
Assalamu'alaikum Wr.Wb. 

Segala puji bagi Allah, atas hidayah iman dan islam yang Allah kehendaki kepada hamba-hambanya, salawat dan salam semoga terlimpah kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga, para sahabatnya, dan segenap pengikut setia mereka. Amma ba’du.

Kebutuhan Operasional Dakwah untuk Perintisan Pondok Pesantren Hidayatullah Mahakam Ulu adalah kegiatan Silaturrahmi, sebagai wujud kepudulian bersama dalam membangun jaringan dakwah. Kegiatan dakwah tidak akan berjalan jika tidak ada dukungan dan partisipasi semua pihak. Demikian pula akan pemenuhan kebutuhan dasar para da’i dan kebutuhan operasional dakwah para da’i di kampung-kampung Mualaf yang belum terjangkau dalam dakwah yang disebabkan lokasi dakwah yang berjauhan dan medan jalan yang masih didominasi dengan jalan kerikil, sirtu dan  jalan tanah liat. 

Sehubungan dengan itu kami memohon dengan segala kerendahan hati kepada Kaum Muslimin/Muslimat agar kiranya dapat membantu dana atau materil  untuk meringankan beban dakwah di pedalaman dan perbatasan dan perintisan Pondok Pesantren Hidayatullah tersebut di atas. Semoga Allah SWT membalas dengan berlipat ganda. Amin. 
                                      
 Latar Belakang
Kabupaten Mahakam Ulu adalah salah satu kabupaten termuda di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Mahakam Ulu merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB). Prasarana transportasi umum yang menghubungkan wilayah-wilayah di kabupaten Mahakam Ulu masih mengandalkan sarana melalui air, belum memiliki jalur darat yang memadai. Transportasi air kebanyakan menggunakan boat/perahu ketinting menyusur sungai Mahakam dan anak cabangnya. Banyak dermaga rakyat yang tersebar disepanjang sungai Mahakam yang menghubungkan penduduk antar kampung. Di tahun 2016 ini penghubung antar kampung jalan sudah bisa dilalui melalui jalur darat, namun masih didominasi dengan jalan kerikil, sirtu dan  jalan tanah liat.

Seiring dengan pembentukkan Kabupaten Mahakam Ulu, Hidayatullah pun ikut terpanggil untuk berpartisiptasi dalam pembangunan dan bermitra kepada masyarakat umum dan pemerintah daerah. Dan saat ini Hidayatullah telah melakukan pembinaan kepada masyarakat di Mahakam Ulu yang berbasis kepada kegiatan dimasjid meliputi Taman Pendidikan Al Quran, bimbingan shalat lima waktu, dan kajian islam. Tidak semua perkampungan yang didalamnya terdapat kaum muslim mampu kami jangkau dengan alasan jauhnya medan dakwah serta kekurangnya sarana transportasi dan da’i. Bahkan disalahsatu desa atau kampung tepatnya di Long Melaham Kecamatan Long Bagun sudah 12 tahun ini Masjid menjadi facum atau kosong kegiatan dikarenakan tidak adanya pembinaan keagamaan dari pihak manapun, padahal dikampung tersebut dihuni lebih dari 60 Kepala Keluarga Muslim Muallaf yang berdampingan dengan warga non muslim, ungkap salah satu penduduk muslim muallaf.

Permasalahan Di Lapangan
  1. Kurangnya tenaga da’i yang mau langsung terjun ke medan dakwah terutama daerah pedalaman dan perbatasan
  2. Kurangnya perhatian sesama kaum Muslim dari perkotaan dalam menyalurkan Zakat, Infaq dan Sedekah yang langsung ditujukan kepada sesama muslim muallaf pedalaman dan perbatasan
  3. Medan dakwah atau perkampungan Muslim muallaf yang saling berjauhan
  4. Belum berdirinya lembaga pendidikan Islam seperti Madrasah atau Pondok Pesantren di Mahakam Ulu, lembaga pendidikan didominasi sekolah negeri atau sekolah-sekolah milik Katolik
Landasan Kegiatan
Kegiatan ini diadakan dengan melandaskan pada :
  1. Firman Allah ta’ala, “Saling tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa, dan janganlah kalian saling tolong menolong dalam dosa dan pelanggaran.” (QS. al-Ma’idah: 3). 
  2. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barang siapa yang dikehendaki menjadi baik oleh Allah makaia akan dipahamkan dalam urusan agamanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).
  3. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barang siapa yang menunjukkan kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim).
Tujuan
Adapun tujuan pelaksanaan adalah sebagai berikut :
  1. Meringankan beban da’i dalam membimbing Muslim Muallaf pedalaman dan perbatasan
  2. Memberikan bekal ilmu bagi para da’i dalam rangka meneguhkan keimanan dan keislaman muslim muallaf pedalaman dan perbatasan.
  3. Meningkatkan nilai-nilai ketakwaan kepada Allah ta’ala dan mempererat jalinan ukhuwah islamiyah.
  4. Melestarikan Sunnah Nabi untuk saling tolong-menolong dalam kebaikan dan taqwa.
  5. Membantu perintisan berdirinya Pondok Pesantren Hidayatullah Di Mahakam Ulu
Sasaran
Membantu Biaya Operasional Dakwah di Pedalaman dan Perbatasan serta Biaya Perintisan Pondok Pesantren Hidayatullah di Long Melaham Kab. Mahakam Ulu.

Pelaksanaan Kegiatan ini mencakup: 
  1. Pemberian bantuan operasional dakwah di Mahakam Ulu, yang kami peroleh dari bantuan harta kaum muslimin.
  2. Pembiayaan Perintisan Pondok Pesantren Hidayatullah di Long Melaham Kab. Mahakam Ulu,  yang kami peroleh dari bantuan harta kaum muslimin.
  3. Menghadirkan ustadz atau da’i untuk membantu melaksanakan pembinaan keagamaan kepada para masyarakat muslim mu’alaf yang ada di desa-desa atau perkampungan di sekitar Mahakam Ulu
Kebutuhan  Donasi Dan Bentuk Bantuan
  1. Pemenuhan kebutuhan operasional dakwah
  2. Harap mengkonfirmasikan bantuannya dalam bentuk apapun kepada kami di nomor : (Ust. M. Taufiq S.Pd.I, No Hp :  0852 5069 3237, atau Ust. Edy Harianto di no. Hp : 0852 5097 4473 dan atau Ust. Muh. Yusuf di no. Hp : 0821 5133 6333 )
  3. Donasi kaum muslimin berupa uang dapat dikirim melalui rekening :Bank BRI a/n Yayasan Pondok Pesanten Hidayatullah Mahulu, no. rekening : 7294-01-005369-53-4
  4. Menerima bantuan langsung berupa buku-buku Agama, Iqro, Al-Qur’an terjemahan, Perlengkapan ibadah, pakaian layak pakai, sembako dll dapat juga dikirim langsung ke Sekretariat Pendirian Pondok Pesantren Hidayatullah Kab. Mahakam Ulu di Jl. Melaham Rt. IV Kampung Long Melaham Kec. Long Bagun Kab. Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur 75767. Dan diperuntukkan bagi muslim muallaf pedalaman dan perbatasan Mahakam Ulu.
Penutup 
Demikianlah proposal ini kami sampaikan. Keberhasilan dan kelancaran kegiatan ini tidak terlepas dari karunia dan petunjuk Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kemudian peran serta aktif dari semua pihak. Hanya kepada Allah lah semestinya kita bergantung dan mengharapkan kemudahan. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala aalihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Anda semua adalah terbaik dan istimewa dalam perjuangan dakwah ini…
Jazakumullahu Khairul Jazaa..


Ujoh Bilang,    01 Rajab 1437 H / 09 April 2016 M


SALINAN
 Foto Copy Akta Pendirian Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Mahakam Ulu
Rekening Bank BRI a/n Yayasan Pondok Pesanten Hidayatullah Mahulu
No. rekening : 7294-01-005369-53



Tidak ada komentar: